Senin, 09 Mei 2011

Tips merawat dan memperindah cat motor kita

Wadah Dit

Musim hujan sudah datang,saatnya ngerawat keindahan catmotor kita.

Motor udah keren,aksesoris udah komplit,Mesin udah kenceng,Cat ok banget...

Gimana cara ngerawatnya ya... ?



Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita.

emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh... hasilnya bakal bikinketagihan. pinginnya jadi yang paling kinclong terus...



Washing/mencuci :

salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl mark)adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini, oke berikutalat dan step-stepnya:



-Sabun,

Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita,jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk mencucibagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motorkita, mahal dikit gak papa... yang penting jangka panjangnya cat motor kitabakal terjaga terus. untuk bagian lain (shock,ban,mesin,dan bagian lain ygbukan merupakan bagian dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergentuntuk membersihkannya.

-Applicator (media untuk mencuci)







Gunakan applicator yang lembut dan tidak membuat cat baret. sebagai contohgunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge,sea sponge,washmitt,lambs wool, Jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasardan kecil. karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukanmemerangkap pasir di dalamnya),cari yang porinya besar-besar sehinggakemungkinan untuk menimbulkan baret halus (swirl mark) akan terhindar, karenapasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori applicator.



-2 system bucket, siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudahtercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.



Mulai basah-basahan yuks :



Semprot dengan air seluruh bagian motor, sampai kalian yakin klo kotoran dandebu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulaidari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkandulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kanapplicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkahawal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benarkalau motor sudah benar2 bersih.



semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabunhilang dan benar-benar bersih.



Saatnya ngeringin :



Untuk ngeringin paling bagus sih pake Microfiber Waffle weaf drying towell,cuman saya akuin emang mahal. so what can we do about it ? setidaknya gunainlap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke bagian celah2 motor. dan usahakansupaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. jangan tinggalkanbercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untukmenciptakan bekas noda air (water spot)nantinya, dan ampun dahhhh... itu susahbgt ngilanginnya klo udah bertahan lama.



Detailing process (acara poles memoles):



Biasanya kita kan asal langsung poles aja tuh motor, sebenernya ada lohstep2nya, dan klo diikutin... motor yang butek bisa balik seger lagi tuh hehehehehe,











1.Claying,







Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yg udah lama banget nempel di body motorkita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg me"ngerak",dll. Tujuanutamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Kapan sihkita bisa tahu klo kita butuh men'clay' motor kita?

Coba deh raba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita kedalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudahterbungkus plastik tersebut), klo kerasa kasar... nah berarti motor kita butuhnih treatment ini.

Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak2 itu. Caranya,gosokclay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu menggunakan quikdetailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD).

gosok secara merata, lalu lap dengan menggunakan lap Microfiber/MF yangberkualitas.

Coba deh raba lagi.... wuih niscaya kayak pantat bayi tuh alusnya cat motorkita hahahaha.









2.Cleaning,







Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/waxterdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.



3.Polishing,







langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankanmotor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya. nah...polishing adalah caranya. motor saya kebetulan masih tergolong baru, begitumelewati tahap ini hasilnya keliatan sekali berbeda... sampai2 orang dealernyaaja nanya, di cat lagi ya pak motornya? hahahahahaha....



4.Waxing/protection/sealent







nah pasti udah pada kenal sama tahap ini...? tahap ini yang biasa kita kenaldengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV dicat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. produk mana yang bikinpaling kinclong ?

cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cumanbiasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari.klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal denganSealent product), basisnya dari bahan2 kimia sehingga lebih tahan terhadapcuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih

ok yg pure carnauba.

5.Maintaining,







Nah... semua proses tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hasilnya klo kitarawat. Gimana sih cara ngerawatnya? bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali,klo mau lebih bagus lagi bisa juga disemprotkan quik detailer setiap kita abisnyuci, step ini yang paling sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil darisemuanya.



Klo semua step ini dilakukan dengan benar, hasilnya bakal RUARRRR...BIASA! catakan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.



yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :



-Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi buatcleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga sendiri.lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.

-Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal... cumanyakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karenabisa dicuci berkali kali.



*UPDATE*



Tambahan biar lebih jelas lagi masalah polishing



apaan sih polish itu...?



Polish itu adalah produk yang mengandung unsur mengikis atau abrasive,

cara kerja polish yaitu dengan mengambil sedikit lapisan permukaan cat, untuktujuan memperbaiki atau menghaluskan permukaan yang terdapat defect tersebut.



bentuk dari produk polish bisa cream,pasta,atau lotion.

klasifikasi polish dibagi berdasarkan kemampuan daya kikisnya terhadappermukaan cat.

jadi ada kelas light cut,medium cut, dan heavy cut.



semua kelas itu diperuntukan untuk keperluan spesifik kerja masing masing,apakah untuk tujuan memperbaiki atau tujuan menyempurnakan.



Selain itu jangan lupa juga, polish dibagi lagi menjadi 2 jenis aplikasipenggunaan.

Apakah itu untuk digunakan dengan tangan, atau digunakan dengan mesin.

INGAT! jangan sampai salah memilih.



ok sekarang kita masuk ke jenis jenis polish,

cuman ini yang saya tau aja ya...

klo ada yang mau menambahkan monggo silahkeun



Compound :

Biasa disebut dengan cutting compound atau rubbing compound, kegunaannya untukmenghilangkan defect yang diakibatkan oleh oksidasi berat atau scratch.



Polish :

Produk yang merupakan hasil perpaduan dari berbagai macam kandungan kimia, yangbertujuan unutk menghilangkan oksidasi ringan (bintik air),swirl mark (baretHalus), atau pun swirl mark yang timbul akibat dari pemakaian mesin poles.



Glaze :

Polishing produk yang sifatnya sangat ringan sekali, hampir tidak ada kemampuanunutk mengikis... diperuntukkan untuk mengembalikan kilauan permukaan catdengan cara memberikan nutrisi khusus, glaze inilah yang sebenarnya membuatpermukaan cat menjadi lebih berkilau. tapi perlu diingat... glaze tidak mempunyaikemampuan untuk memberikan proteksi terhadap sinar matahari atau cuaca.



Paint cleaner/pre-wax cleaner :

Produk yang mengandung bahan kimia yang bertujuan untuk membersihkan sisa waxterdahulu, juga dapat digunakan sebagai penghilang kotoran yang tidak bisahilang hanya dengan cara dicuci saja.



Gimana sih cara melakukan proses polishing yang baik:



- Jangan pernah mencampur adukan berbagai macam jenis polish di dalam satu kainyang sama. dengan kata lain... satu kain hanya digunakan untuk satu jenispolish begitu selanjutnya.



-Usahakan menggunakan tehnik yang paling ringan terlebih dahulu,

dicoba dengan memakai tangan saja di bagian yang perlu di polish , bila haltersebut tidak berhasil... baru kita bisa beralih dengan menggunakan mesindetailing (dual action atau rotary buffer)



-Bekerjalah di lingkungan kerja yang cukup ventilasi udara, penerangan yangcukup, dan yang pasti jangan pernah bekerja di bawah sinar matahari langsung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar