Senin, 09 Mei 2011

MOdifikasi lampu motor

Wadah Dit


Lampu Bebek – Dua Kiprok Nyala Stabil




contoh cara pasang di Honda Astrea Grand. Buka dulu cover aki, tugas pertama cari lokasi buat pasang rectifier atau kiprok kedua.

Kalau kagak dapat lokasi dekat dengan kiprok pertama, silakan cari tempat lain. Nggak masalah kok asal kabel ke kiprok kedua cukup panjang.

KLIK – DetailUrusan kedua kini menggabungkan sepasang kiprok agar bekerja kompak. Lihat empat kabel di kedua soket rectifier, gabungkan kabel kuning (sepul lampu) di kiprok pertama ke kabel putih (sepul pengisian) di kiprok kedua (gbr. 2). Kabel kuning di kiprok kedua silakan diputus alias dinon-aktifkan.




Masih di kiprok kedua, hubungkan kabel merah ke aki dan kabel kelir hijau menuju massa. Kini kedua kiprok sudah bekerja sama, ganti dan pindahkan kabel kuning yang ke lampu utama dicolok langsung ke aki.

Tes dulu dengan memutar kunci kontak ke posisi ON, lalu colek sakelar headlamp, sudah bisa menyala belum? Kemudian jajal dengan mesin hidup. Pastikan sistem pengisian ke aki bekerja dengan ciri nyala lampu depan terus terang tanpa gejala ngedrop.

Oh ya, aki bawaan bebek 5 ampere tetap bisa dipakai. Tapi seumpama diupgrade ke aki Tiger 2000 spek 7 ampere malah lebih sip lagi.

“Alternatif lain, silakan jajal kiprok Honda Tiger yang memang dirancang buat aki 7 ampere (gbr. 3). Jalur kabel mirip di GL100 CDI, GL Pro atau Astrea Grand, tinggal modif kabel di gulungan sepul,”



Mesti buka bak magnet, karena sepul lampu nggak lagi dipakai, maka harus digabung ke sepul pengisian dengan cara disolder. Alhasil pengisian ke aki jadi lebih besar karena semua gulungan sepul mengarah ke kiprok.

Kiprok RX-King 6V Bebas Putus

Nah, kalau cerita yang ini kebalikan dari artikel di atas. Buat yang pengin praktis minus aki tapi nggak pengin bohlam depan gampang putus. Biasanya mereka ini penyuka motor korekan kencang jalanan atau penggemar motor trail.

“Nggak perlu takut putus lagi kalau sudah pasang kiprok dari Yamaha RX-King lama yang masih 6 volt. Dijamin meski digeber sampai rpm tinggi sekalipun lampu tetap menyala,” kata Heru Mustofa, tuner Scorpio Motor di Meruya Selatan, No. 35, Jakarta Barat.

Cara pasang juga super gampang. Pasang dulu kiprok RX-King ke sasis, lalu kabel putih digabung ke jalur kabel lampu utama. Gitu aja kok! Tapi, ingat, baut yang mengikat ke rangka itu harus kuat. Kalau ikatannya kendur atau lepas, lampu akan putus terus.


wordpress.com

6 komentar:

  1. TQ Bro, artikel yang menarik.
    Mo nanya nih, bisa dibuatkan diagramnya gak ya?
    Punyaku beda deh, kabel kuning di kiproknya ada 2. jadi bingung. TQ sebelumnya.

    BalasHapus
  2. maaf saya hanya shared aja···sya kurang bs menjelaskn detai masalh ada.
    cba perhatikan lg setau sya kabe satux kiprok warna kuning itu di non aktifkn g usah dihubgkn kmna2. bca artikel diatas,kebetulan mtor yg dicba mtr honda astrea.
    maaf lo penjelasanx kurang dpt membantu.

    BalasHapus
  3. bos...numpang tanya nih...klo coba di motor honda fit x bisa gak...?
    soalnya motor saya honda fit x thn.2008
    thanks...

    BalasHapus
  4. menurut q bs aja,kebetulan sbgai contoh motor astrea.
    klo mw mudah cari aja dg kiprok yg sama milik honda pit dan rangkai seperti pentunjuk.
    klo punya pit sama astrea mngkin hampir sama soalx blm liat kiprokx pit,kalao di gabung lebih mudah kla warna kbel sama , klo bda lebih sukar lg merngkaix,kmungkinan pit sama astrea hampir sama tingal sedikit ngikuti petunjukx diatas.

    BalasHapus
  5. Nanya lagi ni bos..bolehkan? Hehe..
    Alat2 yg perlu disiapin apa ja selain kiprok ke-2?

    BalasHapus
  6. mngkin sekilas bs kita liat di gambar;
    2 kiprok
    kabel secukupx
    isolasi
    mungkin solder berserta timah dan sedikit keahlian merangkaix.

    BalasHapus