Senin, 09 Mei 2011

Matic bersuara jet

Wadah Dit





Siapkan plat yang ideal, kira kira setebal 2-3 milimeter, plat tersebut juga harus cukup mudah untuk dipotong, dilubangi dan dibentuk serta cukup kuat untuk menahan tekanan angin dari kipas pendinginan mesin. Sebagai catatan, sebaiknya tidak menggunakan bekas plat nomor polisi ataupun seng, karena plat tersebut kurang kuat dan mudah diserang karat. Salah satu plat yang ideal digunakan adalah plat aluminium.

(sebagai ilustrasi bisa melihat gambar 2)




Kedua, siapkan peralatan yang diperlukan, peralatan ini bisa menyesuaikan kebutuhan dalam pembuatan “suara jet” ini, yaitu peralatan obeng dan kunci pas untuk membuka cover cooling fan, gergaji besi untuk memotong plat, gerinda untuk merapihkan atau menghaluskan bekas potongan pada plat, bor untuk membuat lubang baut. Jangan lupa siapkan perlengkapan kerja berupa sarung tangan dan perlengkapan keamanan lainnya bila diperlukan. (sebagai ilustrasi bisa melihat gambar 3)





Ketiga, siapkan dan buat plat berbentuk serupa huruf ‘T” ukurannya bisa menyesuaikan kebutuhan (sebagai contoh bisa melihat acuan gambar 4)





Bentuk plat mengikuti lekukan lingkar kipas, usahakan celah antara plat dengan kipas cukup dekat tapi tidak membuatnya saling bersinggungan (sebagai contoh bisa melihat acuan gambar).

Atur celah untuk menghasilkan suara yang paling ideal sambil menyalakan mesin dan mendengar suara yang dihasilkan, umumnya suara baru dihasilkan pada putara mesin diatas putaran langsam (kira kira baru berbunyi diatas 1000 atau 1500 rpm. Pasang dengan kuat untuk menghindari plat bergeser dari tempatnya. Penting untuk memastikan letak plat yang dipasang agar tidak bergeser dari tempatnya untuk menghindari resiko yang tidak diharapkan. (sebagai ilustrasi bisa melihat gambar 5)






Bagaimana Hasilnya?

Suara yang ideal biasanya dapat terdengar dari jarak 50 meter atau lebih, bahkan, dengan celah yang tepat, suara gasingan yang ideal bisa terdengar jelas dari jarak sedikitnya 150 meter. Tentunya perlu diingat, suara yang dihasilkan harus disesuaikan agar tidak mengganggu konsentrasi dan pendengaran anda sendiri maupun pengendara lain. Logikanya, makin kecil celah antara plat dan kipas, makin besar desingan turbulensi yang dihasilkan, atau, semakin padat putaran angin dari kipas, makin besar pula desingan turbulensi yang dihasilkan. Usahakan suara yang dihasilkan tidak terlalu bising hingga dapat mengusik maupun membahayakan diri anda dan juga diri pengendara lainnya.

(sebagai ilustrasi bisa melihat gambar 6)






Kepuasan yang didapat dari modifikasi suara jet ini terasa terutama bila dapat anda lakukan sendiri, tentu merupakan kepuasan yang tak dapat tergantikan dengan modifikasi lainnnya, apalagi bila dibandingkan dengan suara standar dari motor serupa yang sejenis.

morphology.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar